PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 3 WOSIA PADA TEMA I SUBTEMA I ORGAN GERAK HEWAN
Keywords:
contextual teaching and learning, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 3 Wosia dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitan ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa skelas V SD inpres 3 wosia yang berjumlah 18 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah soal uraian yang berjumlah 6 soal. Pada siklaus pertama, hasil aktivitas guru yang diperoleh sebesar 17 atau 47,22%, aktivitas siswa sebesar 167 atau 57,98% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebesar 11 siswa atau 61,11% dari skor maksimal sebesar 45. Pada siklus II, hasil yang diperoleh pada aktivitas guru meningkat menjadi 23 atau 63,89% untuk aktivitas siswa meningkat menjadi 179 atau 62,15% dan jumlah siswa yag tuntas belajar sebanyak 13 siswa atau 72,22%. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD inpres 3 wosia pada tema I subtema I organ gerak hewan.