DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSI SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA LOLODA DI HALMAHERA UTARA
Keywords:
Dukungan Sosial Orangtua, Kecerdasan Emosi, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial orangtua dan kecerdasan emosi sebagai prediktor prestasi akademik mahasiswa Loloda di Halmahera Utara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik saturation sampling dengan subjek penelitian yang berjumlah 70 mahasiswa dan mahasiswi Loloda yang berada di Halmahera Utara. Variabel dukungan sosial orangtua diukur dengan menggunakan Skala Dukungan Sosial Orangtua yang berjumlah 47 aitem dan variabel kecerdasan emosi diukur dengan menggunakan Skala Kecerdasan Emosi yang terdiri dari 50 aitem. Analisis data dengan menggunakan Teknik Analisis Regresi Berganda dan diperoleh nilai Fhitung sebesar 1.659 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,198 dengan signifikansi (p<0,05). Hasil penelitian menunjukandukungan sosial orangtua dan kecerdasan emosi secara simultan tidak menjadi prediktor terhadap prestasi akademik mahasiswa Loloda di Halmahera Utara.