PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Hartian Ramadhan Akademi Manajemen Belitung
  • Eka Nuraini Akademi Manajemen Belitung

Keywords:

pembelajaran kooperatif, STAD, media audio visual, perkuliahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dengan media audio visual terhadap hasil belajar mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain True Experimental Desaign dengan katagori Posttest Only Control Desaign. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Program Studi Manajemen Administrasi yaitu sebanyak 57 mahasiswa, dengan pembagiannya yaitu 23 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD dengan media audiovisual berpengaruh signifikan (t hitung (0,038)< t tabel (1,699)) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Etika Profesi di AMB. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 63,53 untuk kelas eksperimen dan 58,67 untuk kelas kontrol.

Author Biography

Hartian Ramadhan, Akademi Manajemen Belitung

Program Studi Manajemen Administrasi

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles