PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SD BERNUANSA ETHNOMATEMATIKA MASYARAKAT DI BUMI HIBUALAMO
Keywords:
Bahan Ajar, Ethnomatematika, Bumi HibualamoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji karakteristik bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika masyarakat di Bumi Hibualamo yang telah dikembangkan. serta Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika di Bumi Hibualamo yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R & D). Prosedur yang digunakan adalah dengan menyederhanakan model pengembangan Borg & Gall. Model pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiyono: 298-331) terdiri dari 10 langkah namun pada penelitian ini dibatasi sampai langkah ketujuh karena keterbatasan peneliti yaitu : 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Validasi Produk; 5) Revisi Desain; 6) Uji Coba keterpakaian; 7) Revisi Produk. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD di kabupaten Halmahera utara. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas 4 dari 3 sekolah dasar yang terpilih yaitu SDN 1 Tobelo, SD GMIH 4 Tobelo dan SD GMIH Pitu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling Tehnik pengumpulan data adalalah observasi, wawancara, lambar validator bahan ajar dan tes hasil belajar . Tehnik analisis data terdiri dari analisis data kevalidan , kepraktisan dan keefektifan. Hasil pengembangan bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika masyarakat di Bumi Hibualamo valid dengan rata- rata penilaian validator 3,52 berada pada kategori sangat baik. Penerapan bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika masyarakat di Bumi Hibualamo valid dengan rata- rata keterlaksanaan RPP 92,6 berada pada kategori sangat baik. Prestasi belajar posttest siswa yang mendapatkan bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika masyarakat di Bumi Hibualamo mencapai ketuntasan klasikal 75%. Prestasi belajar posttest siswa pada kelas yang mendapatkan bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika masyarakat di Bumi Hibualamo lebih baik daripada prestasi belajar posttest siswa dengan pembelajaran konvensional Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar matematika SD bernuansa ethnomatematika masyarakat di Bumi Hibualamo telah valid, praktis dan efektif.