EVALUASI PROGRAM LIMA HARI SEKOLAH DI SMPN 2 TANJUNGPANDAN KABUPATEN BELITUNG

Authors

  • Eka Indah Wahyuni Akademi Manajemen Belitung

Keywords:

Evaluasi, Program Lima Hari Sekolah, CIPP

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pencapaian atau keefektifan program lima hari sekolah yang telah dilaksanakan SMPN 2 Tanjungpandan. Penelitian ini menggunakan model CIPP, yaitu Context, Input Process, dan Product sebagai alat melakukan evaluasi.Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa program lima hari sekolah berjalan dengan baik pada aspek konteks, masukan, proses dan hasil. Pada aspek konteks program lima hari sekolah sudah mengacu kepada landasan hukum yang sesuai dan pedoman pelaksanaan program lima hari sekolah dengan menggunakan Kurikulum SMPN 2 Tanjungpandan dan memiliki tujuan program lima hari sekolah serta latar belakang diselenggarakannya program lima hari sekolah. Pada aspek Input (masukan), sebagian besar komponen tercapai namun untuk sarana dan prasarana ada yang kurang seperti musholah yang tidak cukup menampung siswa. Pada aspek process (proses), sebagian besar tercapai sesuai kriteria. Akan tetapi pada kriteria strategi dan metode yang digunakan guru, karena masih ada beberapa guru yang belum memanfaatkan metode belajar dalam KBM sehingga terkadang menimbulkan kebosanan pada peserta didik. Pada aspek Product (hasil), aspek yang dievaluasi yaitu Nilai UN dikategorikan tinggi karena presentase kelulusan UN di SMPN 2 Tanjungpandan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat diputuskan bahwa program lima hari sekolah dilanjutkan pelaksanaannya karena mampu memberi manfaat untuk peserta didik, alumni dan masyarakat namun demikian untuk mengoptimalkan program tersebut perlu beberapa perbaikan terutama dalam bidang sarana dan prasarana.

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles