PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD UNHENA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Gufran Usman Universitas Hein Namotemo
Keywords: Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa Semester VI Prodi PGSD Universitas Hein Namotemo pada mata kuliah Evaluasi Pembeajaran dengan menerapkan model pembelejaran koperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V Prodi PGSD Unhena dengan jumlah 24 orang. Instrumen pengumpulan data pada siklus I dan siklus II yaitu masing-masing sebanyak 8 butir aitem soal.  Soal tes ini untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Sedangkan lembar observasi digunakan  untuk memperoleh data aktivitas peneliti dan mahasiswa. Setelah data penelitian dianalisis secara diskriptif, diperoleh pada siklus I, aktivitas dosen (peneliti) aktivitas sebesar 62,36 %  dan siklus II sebesar 72,72 %. Sedangkan aktivitas mahasiswa pada siklus I sebesar  60,52 %  dan siklus  II sebesar 76,75. Adapun hasil tes mahasiswa pada siklus I  siswa yang tuntas  12 orang atau 50% dan pada siklus II meningkat, yaitu 79,16% atau 19 mahasiswa yang  tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelejaran koperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran.

Author Biography

Gufran Usman, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Published
2019-07-08