PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 6 KOTA TERNATE

  • Muhamad Refki Yunus Universitas Hein Namotemo
Keywords: Pembelajaran Treffinger, Usah dan Energi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII1 SMP Negeri 6 Kota Ternate pada konsep usaha dan energi dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah pembelajaran dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Pada siklus I terdiri atas 6 soal essay dengan jumlah skor total 54, pada siklus II terdiri dari 6 soal essay dengan jumlah skor total 66, dan pada siklus III terdiri dari 8 soal essay dengan jumlah skor total 71. Siklus I, aktivitas siswa rata-rata 58,17%, aktivitas guru 50,00% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang atau 38,46%. Untuk siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 64,90%, aktivitas guru 65,90% dan jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 57,69%. Sedangkan pada siklus III, aktivitas siswa meningkat 74,75%, aktivitas guru 81,81% dan jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 73,07%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep usaha dan energi.

Author Biography

Muhamad Refki Yunus, Universitas Hein Namotemo

Program Studi PGSD

Published
2018-05-10