PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN STRUKTUR DESENTRALISASI TERHADAP KINERJA SKPD KOTA TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA

  • Sahrul Hi. Posi Universitas Hein Namotemo
Keywords: Partisipasi dalam penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran, desentralisasi, kinerja SKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Struktur Desentralisasi  terhadap Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Ternate. Pada penelitian ini kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah berfungsi sebagai variabel dependen. Ada tiga variabel yang berfungsi sebagai variabel independen, yaitu partisipasi dalam penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran, dan struktur desentralisasi. Jenis penelitian ini ialah pengujian Hipotesis yaitu penelitian yang biasanya menjelaskan sifat hubungan tertentu atau menentukan perbedaan antar kelompok atau kebebasan dua atau lebih faktor dalam suatu situasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji hipotesis (uji t dan f). Sampel dalam penelitian ini yaitu semua kepala sub pada Satuan Kerja Perangkat Daerah bagian yang terlibat langsung dalam penyusunan anggaran dan data dikumpulkan melalui metode kuesioner.

Hasil penelitian ini bahwa variabel partisipasi dalam penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah,  sedangkan untuk variable struktur desentralisasi berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah, Sedangkan dari hasil uji simultan bahwa partisipasi dalam penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran, dan struktur desentralisasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Ternate.

Author Biography

Sahrul Hi. Posi, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Akuntansi

Published
2018-05-10