EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN NUMBERED HEADS TOGTHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Firmansyah . Universitas Hein Namotemo
Keywords: Model Kooperatif, Numbered Heads Together, Make A Match, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini menelaah perbedaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Adapun permasalahan pokok yang dikaji yaitu apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan mengunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match danTipe Numbered Heads Together. Tujuan penelitian adalah Untuk memperoleh informasi tentang ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Matematika kelas V SD YPS Singkole Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Numbered Heads Together. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grop Design yang merupakan jenis desain eksperimen semu (Quasi Experimental Desaign). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD YPS Singkole. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VC yang diambil menggunakan tehnik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil belajar kelas eksperimen II lebih tinggi daripada kelas eksperimen I dan setelah dilakukan uji T diperoleh nilai sig (2-tailed) yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan tipe Numbered Heads Together. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkankan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa.

Author Biography

Firmansyah ., Universitas Hein Namotemo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Published
2018-05-09