PENGARUH MEDIA SANDPAPER LETTERS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK KELOMPOK B DI PAUD CAHAYA ANANDA PALEMBANG

  • Yuni Dwi Suryani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media, Sandpaper Letters, Kemampuan Menulis, Anak Kelompok B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis pada anak kelompok B.  Menggunakan jenis Pre- Eksperimen desain One Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan perbuatan. Hasil analisis thitung = 8,84 ≥ ttabel=1,78, sehingga terdapat pengaruh signifikan media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis anak kelompok  B  PAUD Cahaya Ananda Palembang. Hal ini terbukti dari 13 orang anak ada 6 orang anak (46,15%) berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), indikator menunjukkan huruf vokal dan huruf konsonan; selanjutnya ada 4 orang anak (30,76%) dari 13 orang anak berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), indikator menyusun huruf membentuk kata mobil; kemudian ada 3 orang anak (23,07%)  dari 13 orang anak berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), pada indikator menulis huruf vokal dan huruf konsonan serta menebalkan garis putus-putus; Sedangkan tidak ada anak pada kategori Belum Berkembang (BB).

Author Biography

Yuni Dwi Suryani, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Published
2019-12-20
Section
Articles