DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSI SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA LOLODA DI HALMAHERA UTARA

  • Jenny Marcela Salamor Universitas Hein Namotemo
  • Sahrestia Kartianti Universitas Hein Namotemo
Keywords: Dukungan Sosial Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial orangtua dan kecerdasan emosi sebagai prediktor prestasi akademik mahasiswa Loloda di Halmahera Utara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik saturation sampling dengan subjek penelitian yang berjumlah 70 mahasiswa dan mahasiswi Loloda yang berada di Halmahera Utara. Variabel dukungan sosial orangtua diukur dengan menggunakan Skala Dukungan Sosial Orangtua yang berjumlah 47 aitem dan variabel kecerdasan emosi diukur dengan menggunakan Skala Kecerdasan Emosi yang terdiri dari 50 aitem. Analisis data dengan menggunakan Teknik Analisis Regresi Berganda dan diperoleh nilai Fhitung sebesar 1.659 dengan tingkat signifikansi sebesarĀ  0,198 dengan signifikansi (p<0,05). Hasil penelitian menunjukan dukungan sosial orangtua dan kecerdasan emosi secara simultan tidak menjadi prediktor terhadap prestasi akademik mahasiswa Loloda di Halmahera Utara.

Author Biographies

Jenny Marcela Salamor, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Sahrestia Kartianti, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Published
2019-12-20
Section
Articles