HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA SMA

  • Sahrestia Kartianti Universitas Hein Namotemo
Keywords: Kepercayaan Diri, Keterampilan Berkomunikasi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa di SMA Negeri 2 Kendari. Hipotesisnya adalah ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa di SMA Negeri 2 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi sasaran seluruh siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Kendari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis untuk memperoleh data tentang kepercayaan diri siswa dan keterampilan berkomunikasi siswa.  Dalam pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor kepercayaan diri siswa tertinggi yaitu 93,dan terendah 61 dengan rata-rata 79,19 serta standar deviasinya  sebesar 7,09. Sedangkan untuk keterampilan berkomunikasi diperoleh skor tertinggi adalah 92 dan terendah 60 dengan rata-rata 79,04 dan standar deviasi sebesar 8,34. Pada hasil analisis inferensial yaitu untuk menguji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment diperoleh nilai koefisien korelasi rXY = 0,687 yang lebih besar dari rtabel=0,235 dan koefisien determinasi sebesar 47,19%. Selanjutnya hasil signifikasi dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh bahwa thitung = 7,852 > ttabel = 2,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa di SMA Negeri 2 Kendari.

Author Biography

Sahrestia Kartianti, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Published
2019-12-20
Section
Articles