PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER SI BOLANG SISWA SD GMIH PUAKARA A

  • Haris Haris Universitas Hein Namotemo
Keywords: PjBL, Wawasan kemaritiman, Karakter peduli lingkungan, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Project Based Learning berawawasan kemaritiman dalam membentuk karakter si Bolang di SD  GMIH Kakara A agar dihasilkan suatu modul model pembelajaran yang dapat dimplementasikan oleh guru dalam proses pembelajaran bermakna bagi peserta didik sekaligus menambah pengetahaun dan perilaku peduli lingkungan peserta didik terkait pengelolaan sampah plastik yang banyak di sekitar pantai dan laut.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R & D) dengan mengadopsi desain pembelajaran model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick & Carey (Sari, 2017). prosedur pengembangan Model Pembelajaran ADDIE terdiri dari : tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap pengujian, dan tahap evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD GMIH kelas V yang berjumlah 20 orang dan seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian karena jumlah populasinya yang sedikit.  Variabel Penilitian dalam pengembangan model pembelajaran adalah kevalidan dan kefektifan model pembelajaran yang dikembangkan. Teknik Pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan lembar penilaian validator dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media yang dikembangkan valid karena dari semua instrument yang dinilai oleh validasi ahli materi dan ahli media dan praktisi  pendidikan (guru) mendapatkan nilai layak, yang masing-masing memberikan nilia secara berurutan, (3,1), (3,4) dan (3,6). Dari segi efektivitas, modul model PjBL ini cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa  hasil ini bisa dilihat pada gain score yang diperoleh dengan masing-masing nilai 0,5 (cukup) dan 0, 6 (cukup).

Author Biography

Haris Haris, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Published
2019-12-20
Section
Articles