PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 4 HALMAHERA UTARA

  • Gufran Usman Universitas Hein Namotemo
  • Muhamad Refki Yunus Universitas Hein Namotemo
Keywords: Instrument, Penilaian, Autentik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, terdiri atas tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Data yang digunakan dalam analisis empiris uji coba I melibatkan 23 responden, dan uji coba II 48 responden. Hasil analisis uji coba I diperoleh instrument yang valid pada aspek kognitif (soal pilihan ganda) 22 butir dengan nilai reliabilitas 0.738, aspek sikap terdapat 21 butir valid dengan reliabilitas 0.740 dan aspek psikomotorik terdapat 20 butir yang valid dengan nilai reliablitas 0.744. Sedangkan hasil analisis uji coba II diperoleh instrumen yang pada aspek kognitif (soal pilihan ganda) 18 butir dengan nilai reliabilitas 0.734, aspek sikap terdapat 20 butir valid dengan reliabilitas 0.751 dan aspek psikomotorik terdapat 20 butir yang valid dengan nilai reliablitas 0.745. Hasil penelitian dan pengembangan instrumen penilaian autentik menunjukan seluruh aspek (kognitif, sikap dan psikomotorik) termasuk dalam kategori tinggi (baik).

Author Biographies

Gufran Usman, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muhamad Refki Yunus, Universitas Hein Namotemo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Published
2019-12-20
Section
Articles